Guna memaksimalkan pemanfaatan website sebagai media penyebaran informasi, Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Bone melaksanakan pelatihan dan bimbingan khusus bagi operator website masing-masing OPD.

Kegiatan ini dilaksanakan secara face to face secara personal. Bimbingan tidak dilaksanakan serentak, akan tetapi mengundang operator OPD tertentu untuk mendapatkan bimbingan secara komprehensif.

Hal ini dilakukan agar operator yang telah mendapat bimbingan khusus sudah mampu mengoperasikan websitenya masing-masing.

Bahkan, untuk memberikan pemahaman tentang pengelolaan website tidak hanya terbatas kalangan operator OPD saja, melainkan seluruh ASN yang berminat.

Hari ini, Selasa 20 Oktober 2020 bertempat di Ruang Kabid Teknologi Informasi Diskominfo dan Persandian Kabupaten Bone memberikan bimbingan khusus kepada salah seorang pejabat eselon III pada kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bone.

Mereka mendapat bimbingan cara membuka website, membuka dashboard, hingga mengimput data dan berita kegiatan sehingga tampil di laman website.

Kepala Bidang Teknologi Informasi Diskominfo dan Persandian Kabupaten Bone Mursalim, S.Pd., M.Si. mengatakan pelatihan IT bagi ASN penting dilakukan karena sudah menjadi tuntutan di era digitalisasi sekarang ini.

Bimbingan khusus ini dilakukan karena apabila hanya dilakukan dalam bentuk sosialisasi dengan mengundang seluruh admin OPD sekaligus, ternyata hasilnya tidak efektif. Bahkan setelah tiba di kantor masing-masing masih banyak tidak memahami.

Oleh karena itu, melalui bimbingan khusus (bimkhus) ini diharapkan ke depannya seluruh admin OPD dan ASN memiliki pemahaman tentang penggunaan teknologi yang tepat guna.

Dengan pelatihan yang digelar tersebut, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia sehingga bisa mengelola website dengan baik dan menyampaikan informasi terupdate ke masyarakat.

Karena semakin banyak data yang ditampilkan website tentunya berdampak pula pada pembangunan daerah khususnya kepentingan informasi publik. Karenanya selain menampilkan kegiatan-kegiatan, akan tetapi menjadi database yang dapat diakses setiap saat.

Dokter Eko Nugroho salah seorang pejabat Dinkes Bone yang berkomitmen untuk memaksimalkan pemanfaatan website sebagai sarana penyebaran informasi kegiatan.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat kalau kita mau belajar, ” karena itu saya datang ke kantor kominfo dan Persandian untuk belajar” tuturnya.