Kepala Puskesmas Lamurukung memantau langsung upaya penanganan pasien di desa Itterung

Hari ini, tanggal 05 Maret 2021, Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) tingkat Kecamatan Tellusiattinge, wilayah kerja Puskesmas Lamurukung, kembali turun melakukan pemantauan sekaligus intervensi terhadap pasien ODGJ di Desa Itterung yg merupakan 4 (empat) orang bersaudara.

Sebelumnya pada tanggal 20 Februari 2021, dokter spesialis kesehatan jiwa RSUD Tenriawaru, dr. Andi Nurfajriani, SpKJ., yang merupakan salah satu anggota Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Tingkat Kabupaten Bone melakukan kunjungan bersama tim dari Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial untuk melihat langsung kondisi pasien. Saat itu dokter Spesialis jiwa memberikan pengobatan kepada ke empat pasien ODGJ bersaudara tersebut, juga memberikan edukasi dan melakukan diskusi dengan Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) Puskesmas Lamurukung pada kesempatan pertemuan yang dilakukan di Aula Puskesmas Lamurukung sebelum kunjungan ke rumah pasien.

Pemantauan kali ini dimotori Kepala Puskesmas Lamurukung,H.Ibrahim,SKM.,M.Kes., bersama dokter dan petugas kesehatan jiwa serta tenaga kesehatan lainnya dari puskesmas. Selain memberikan obat rutin, tim juga melakukan upaya perawatan terhadap pasien dengan memandikan pasien, memotong rambut, kuku, mengganti pakaian dan upaya higine personal lainnya. Tidak ketinggalan, Babinsa dan Kepala Desa Itterung juga terjun langsung dalam pemantauan dan penanganan pasien ODGJ empat bersaudara tersebut.

Kegiatan pemantauan ODGJ ini rutin dilakukan setiap bulan oleh dokter dan petugas kesehatan jiwa Puskesmas. Tidak hanya di Desa Itterung saja, tapi di semua desa wilayah kerja Puskesmas Lamurukung.

Harapan besar dari Tim Pelaksana Kesehatan Jiwa Masyarakat (TPKJM) agar Orang Dengan Gangguan Jiwa tidak dikucilkan oleh masyarakat apalagi oleh keluarga, semua pihak diharapkan memberikan perhatian dan dukungan baik secara moril maupun materil kepada saudara-saudara kita yang mengalami gangguan kejiwaan. Semoga kondisi mereka terus membaik dan dapat kembali beraktifitas sebagaimana layaknya masyarakat normal.
(SR)

Kepala Puskesmas Lamurukung bersama kepala desa Itterung memantau langsung upaya penanganan pasien di desa Itterung
Salah satu pasien dimandikan oleh dokter dan petugas kesehatan jiwa puskesmas Lamurukung
[petugas kesehatan puskesmas Lamurukung merapikan rambut dan menggunting kuku pasien
Berfoto bersama TPKJM Kecamatan setelah dilakukan perawatan kebersihan diri
Kondisi pasien saat pertama kali dikunjungi TPKJM Kabupaten Bone pada tanggal 20 Februari 2021
Saat pasien diberikan obat oleh dokter spesialis kejiwaan, dr.A.Nurfajriani,SpKJ.,pada kunjungan tanggal 20 Februari 2021
Diskusi antara TPKJM Kabupaten dan TPKJM Kecamatan pada tanggal 20 Februari 2021
Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Bone, dr. Kasmawar Abbas, DK., dalam sambutan saat pertemuan tanggal 20 Februari 2021